PERAN STANDARISASI PENGEMBANGAN PRODUK BARU PADA INDUSTRI KREATIF DI ERA DIGITAL

  • P. Eko Prasetyo

Abstract

Peran standarisasi menjadi semakin penting pada semua sektor kehidupan di era digital, untuk mengatasi gap yang semakin melebar akibat perubahan sangat cepat, besar, beragam dan beresiko. Di era revolusi industri 4.0, sektor industri juga dituntut tidak cukup hanya efisien, tetapi harus kreatif, inovatif, efektif dan adaptif. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya peran standarisasi pengembangan produk baru pada industri kreatif yang harus efisien, inovatif, efektif, dan adaptif. Metode riset digunakan model Gartner standar indikator kinerja utama dan model matriks Ansoff. Obyek riset industri kreatif keset berbasis bahan baku kain perca dari limbah
industri tekstil dan produk tekstil. Inisiatif riset ini telah mengidentifikasikan dan mengembangkan langkahlangkah standarisasi industri kreatif dalam memprediksi kinerja perusahan. Hasil riset menunjukkan peran standarisasi mampu membuat produk baru semakin lebih efisien, efektif, dan adaptif. Kebijakan penerapan standarisasi bagi industri keset mampu memberikan kemudahan format yang sudah ditentukan menjadi berlaku umum dan proses produksi yang berulang menjadi lebih efisien, efektif dan lebih adaptif, serta mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Diharapkan ke depan standarisasi akan menjadi kunci strategik peningkatan masa depan industri untuk meningkatkan daya saing industri dan kesuksesan ekonomi masyarakat.

Published
2018-08-20
How to Cite
Prasetyo, P. E. (2018). PERAN STANDARISASI PENGEMBANGAN PRODUK BARU PADA INDUSTRI KREATIF DI ERA DIGITAL. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/6032