EXISTING PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CSR) HOTEL BERBINTANG TERHADAP MASYARAKAT DI KOTA SURAKARTA

  • Purwanto Purwanto
  • Djoko Suhardjanto
  • Warto Warto
  • Supriyadi Supriyadi

Abstract

Hotel sebagai sebuah perusahaan yang memberikan jasa penginapan tidak luput dari munculnya berbagai dampak terhadap masyarakat di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi program CSR hotel berbintang terhadap masyarakat di Kota Surakarta dan (2) untuk mengetahui existing program CSR terhadap masyarakat di Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Penelitian ini di Hotel K yang beralamat di Jl. Sugiyopranoto dan Hotel PI yang beralamat di Jl. W. Monginsidi, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) wawancara, (3) Focus Group Discussion (FGD), dan (4) studi dokumen. Selain itu, uji validitas dilakukan dengan
triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selain itu, peneliti menggunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan program CSR yang dilaksanakan dalam bentuk pemberian bantuan dana dan pembangunan sarana sekitar hotel. Terkait Existing program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bagi warga sekitar sudah cukup baik, namun belum bisa dirasakan secara merata manfaatnya. Selain itu, CSR tersebut masih sebatas charity dan temporer, bukan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang. Berdasarkan hasil temuan diatas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa CSR sangat membantu pihak hotel dalam memberdayakan masyarakat sekitar termasuk meningkatkan citra perhotelan.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed