ANALISIS MAKNA PESAN VERBAL DAN PESAN NON VERBAL DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT " RCTI

  • Budi Santoso

Abstract

Maraknya berita Hoax yang tersebar di masyarakat mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengadakan gerakan anti hoax dan mengajak segenap elemen masyarakat untuk terlibat. Televisi sebagai salah satu media juga berperan dalam gerakan anti hoax melalui Iklan Layanan Masyarakat. Makalah ini membahas tentang makna pesan verbal dan non verbal dalam iklan layanan masyarakat yang berjudul "Stop Hoax" produksi RCTI. Analisis data dilakukan terhadap unsur-unsur yang membentuk iklan yaitu pesan verbal baik tulisan maupun lisan, serta pesan non verbal yang berupa gambar, gerakan atau mimik muka. Hasilnya menunjukkan bahwa bahwa pesan verbal dan pesan non verbal menyatu membentuk satum makna iklan yaitu menghentikan penyebaran hoax. Makna yang sulit dipahami dalam pesan non verbal didukung oleh pesan verbal, juga sebaliknya sehingga makna pesan iklan bisa tersampaikan secara menyeluruh.

Published
2018-08-20
How to Cite
Santoso, B. (2018). ANALISIS MAKNA PESAN VERBAL DAN PESAN NON VERBAL DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT " RCTI. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/6024