KEMAMPUAN SINTAKSIS PADA ANAK DENGAN GANGUAN BICARA: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR DON BOSKO SEMARANG

  • Almira Nabila
  • Ade Teresa
  • Guruh Praja Wijayanto

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan sintaksis pada anak dengan gangguan bicara. Objek penelitian ini adalah siswa kelas I (usia 7 tahun) Sekolah Dasar Pangudi Luhur Don Bosko yang mengalami gangguan bicara sejak dini. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan perekaman data. Observasi dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Wawancara dilakukan dengan wali kelas untuk mengetahui kemampuan anak di keas. Perekaman dilakukan di rumah anak pada saat beraktivitas sehari-hari. Hasil menujukkan bahwa kemampuan sintaksis pada anak yang mengalami gangguan bicara hanya terbatas pada kemampuan mengucapkan frasa, misalnya belum mampu merangkai kata menjadi sebuah klausa atau kalimat. Penelitian ini perlu dilakukan agar dapat menjadi model untuk menangani anak-anak yang berkebutuhan khusus, terutama gangguan bicara.
Published
2018-08-20
How to Cite
Nabila, A., Teresa, A., & Wijayanto, G. (2018). KEMAMPUAN SINTAKSIS PADA ANAK DENGAN GANGUAN BICARA: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR DON BOSKO SEMARANG. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/6019