PENGEMBANGAN DESIGN DESTINASI ZAMAN NOW UNTUK MENGOPTIMALKAN MICE KOTA SEMARANG DENGAN MEDIA DIGITAL RESERVATION VENUE MICE 2020

  • Cindy Citya Dima
  • Syaiful Ade Septemuryantoro

Abstract

Destinasi zaman now yaitu ada pada segitiga PDB (Positioning, Differentiating, Branding) yang di dalamnya ada digital tourism (3T Revolution) yang selalu disosialisasikan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. 3T yang sesuai adalah perpaduan Tourism dan Digital menjadi platform umum untuk kebutuhan Kota Semarang menarik wisatawan MICE di Kota Semarang khususnya wisatawan mancanegara. Era revolusi digital dimana setiap individu baik itu personal traveller maupun PIC (person in charge) untuk grup yang memegang penuh suatu keputusan dengan hanya klik. Gambaran pemesanan kamar hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, bahkan tiket bioskop pun sudah di pesan via online. Reservasi dengan digital merupakan solusi yang memberikan keuntungan
untuk calon tamu MICE, via OTA (Online Travel Agent), atau direct hotel booking dan travel agen. Dari fakta tersebut dapat diaplikasikan untuk digital reservation MICE via OTA atau direct reservation MICE booking khususnya untuk menarik wisatawan MICE mancanegara. Fenomena life style untuk MICE dikemas dengan apik yaitu Brand dengan tagline no.1 MICE digital reservation, Positioning MICE kota Semarang yang di dukung oleh teknologi canggih dan konten informasi MICE dikemas nge-link dengan website pariwisata Kota Semarang, serta
differentiation adalah formula yang baik untuk menjadi beda dari yang lain dengan pemesanan via online (one stop service dan one stop leisure) untuk booking room, booking tempat MICE , booking perjalanan wisata, kuliner,
serta informasi lainnya, sehingga calon tamu sangat dibantu untuk efisien waktu dalam merencanakan pertemuan di Kota Semarang untuk individu maupun membawa keluargannya dengan kesiapan dan tersebarnya informasi
dengan mudah untuk halfday city tour package/one day city tour package/ based on guest request untuk mengoptimalkan MICE secara digital. wisatawan MICE yang merupakan salah satu dari 7 minat khusus wisata unggulan (wisata alam, sejarah, budaya, olah raga, belanja, dan kuliner).
Published
2018-08-20
How to Cite
Dima, C., & Septemuryantoro, S. (2018). PENGEMBANGAN DESIGN DESTINASI ZAMAN NOW UNTUK MENGOPTIMALKAN MICE KOTA SEMARANG DENGAN MEDIA DIGITAL RESERVATION VENUE MICE 2020. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/6014