SINERGI WEB DENGAN METODE RICH SITE SUMMARY UNTUK OPTIMASI PEMASARAN ONLINE PRODUK UMKM

  • Felix Andreas Sutanto

Abstract

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh sebagian besar UMKM handicraft adalah masalah perluasan pemasaran. Saat ini banyak UMKM handicraft yang telah memasarkan produknya di internet melalui website maupun media sosial, namun sebagian besar belum merasakan dampaknya karena tidak mengetahui
metode untuk memperkenalkan websitenya. Penelitian ini bertujuan membuat model sinergi web untuk peningkatan pemasaran bersama UMKM handicraft melalui internet. Metodenya menggunakan RSS (Rich Site Summary) yang menghubungkan webweb UMKM, baik secara link maupun kontennya. Dengan suatu algoritma pemrograman, web suatu UMKM akan menampilkan juga produk UMKM lainnya yang berbeda produk. Dengan cara ini jika ada yang mengunjungi suatu web UMKM tertentu, maka secara otomatis akan mendapatkan informasi juga tentang produk UMKM yang lainnya. Cara ini dipandang akan memperluas pemasaran produk. Selain itu kolaborasi dengan media sosial akan membantu mempercepat perluasan pasar.
Published
2018-08-20
How to Cite
Sutanto, F. (2018). SINERGI WEB DENGAN METODE RICH SITE SUMMARY UNTUK OPTIMASI PEMASARAN ONLINE PRODUK UMKM. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/6004