EKSTRAKSI FITUR PADA CITRA TANDA TANGAN SEBAGAI CIRI IDENTITAS PEMILIKNYA MENGGUNAKAN DISCRETE FOURIER TRANSFORM

  • Wina Fitriani
  • Muhammad Zidny Naf'an
  • Elisa Usada

Abstract

Tanda tangan merupakan tanda untuk melambangkan nama yang dituliskan dengan tangan penulis itu sendiri sebagai penanda pribadi. Pada umumnya tanda tangan digunakan untuk menyetujui suatu kesepakatan pada lembaran dokumen sebagai bukti dari identitas dan kemauan pemilik tanda tangan. Lazimnya, pembubuhan tanda tangan dilakukan dalam kegiatan administrasi negara seperti transaksi penarikan uang secara tunai, penyetoran, kliring giro, dan sebagainya. Untuk mengetahui kepemilikan tanda tangan tersebut maka dibutuhkan suatu identifikasi. Identifikasi pola tanda tangan dibutuhkan untuk mengenali dan membedakan tanda tangan dari masing-masing orang berdasarkan ciri khas dari tanda tangan tersebut. Biometrik dapat digunakan sebagai metode dasar identifikasi berdasarkan karakteristik alami manusia.
Dengan berkembangnya teknologi saat ini, identifikasi pola tanda tangan tidak hanya dapat dilakukan secara manual, tetapi juga dapat dilakukan dengan bantuan komputer. Namun komputer tidak serta merta dapat langsung melakukan proses identifikasi, melainkan dibutuhkan proses pengenalan pola terlebih dahulu yang dapat dilakukan dengan mengekstraksi fitur tanda tangan. Salah satu fitur yang dapat diekstrak dari tanda tangan adalah hasil dari transformasi. Discrete Fourier Transform (DFT) merupakan salah satu metode ekstraksi yang digunakan dalam identifikasi pola tanda tangan dengan memanfaatkan nilai mean dan standard deviation (std).
Published
2018-08-20
How to Cite
Fitriani, W., Naf’an, M., & Usada, E. (2018). EKSTRAKSI FITUR PADA CITRA TANDA TANGAN SEBAGAI CIRI IDENTITAS PEMILIKNYA MENGGUNAKAN DISCRETE FOURIER TRANSFORM. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5998