ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMETAAN UMKM BERDASAR POTENSI RISIKO BERBASIS GIS

  • Mia Ajeng Alifiana
  • Nanik Susanti

Abstract

UMKM merupakan penopang ekonomi kreatif terbesar bagi perekonomian Indonesia. UMKM dapat lebih berdaya saing jika menerapkan manajemen risiko yang terukur. Pembinaan UMKM berdasar penyelesaian potensi risiko, akan lebih tepat sasaran. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, maka dilakukan penelitian untuk memetakan UMKM berdasar potensi risiko berbasis GIS. Metode penelitian dilakukan dengan mengelompokkan UMKM berdasar potensi risiko dari aspek sumber daya manusia, produksi, permodalan, pemasaran, dan hukum.
Penyajian data dilakukan dengan membuat analisis dan perancangan sistem informasi pemetaan UMKM berdasar potensi risiko dengan menerapkan konsep GIS, sehingga memudahkan dalam memahami karakteristik UMKM, serta dapat mengetahui pola sebaran UMKM berdasarkan potensi risikonya berdasar informasi yang riil. Hasil penelitian ini adalah model perancangan sistem informasi untuk dapat dimanfaatkan oleh Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus dalam memetakan UMKM berdasar potensi risiko yang dimilki, untuk kemudian dapat dilakukan pengembangan dan pembinaan yang tepat sasaran terhadap UMKM tersebut, berdasar risiko yang dimilikinya.
Published
2018-08-20
How to Cite
Alifiana, M., & Susanti, N. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMETAAN UMKM BERDASAR POTENSI RISIKO BERBASIS GIS. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5996