PETUNJUK JALAN WISATA KOTA SEMARANG BERBASIS WEB MOBILE MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE

  • Aryo Windu Rahman Sulaksono
  • Edy Winarno

Abstract

Kota Semarang memiliki potensi pariwisata yang sangat beragam dan menarik. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan pendapatan aset daerah dalam jangka waktu 5 tahun. Keunikan tempat wisata dan peninggalan situs-situs bersejarah menambah nilai positif wisatawan terhadap kota Semarang. Namun sering kali para wisatawan masih kesulitan dalam menemukan lokasi wisata di Kota Semarang. Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi informasi lokasi wisata di kota Semarang berbasis web mobile menggunakan metode Location Based Service, diharapkan pengguna yang menggunakan perangkat handphone dapat terbantu untuk mengetahui informasi lokasi di kota Semarang menjadi lebih mudah yang dapat dicari dari radius tertentu dari posisi pengguna
Metode Location Based Service yang dipakai dalam penelitian ini digunakan user untuk mendapatkan lokasi pasti ketika user berdiri saat itu secara realtime. Penggunaan metode ini diimplementasikan agar dapat dengan mudah mendapatkan informasi rute mana yang akan dilalui dengan mudah dan jelas.
Hasil dalam penelitian ini adalah aplikasi web mobile petunjuk jalan wisata kota Semarang yang dapat menampilkan informasi wisata kota Semarang dalam radius posisi penguna dan lokasi wisata kota Semarang dalam bentuk peta Google Map dan menampilkan jarak pengguna dan estimasi waktu perjalanannya.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed