PERANCANGAN ULANG TATA LETAK ETALASE BARANG DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (STUDI KASUS RETAIL LAWSON UNIVERSITAS BUNDA MULIA)

  • Fuji Rahayu Wilujeng
  • William Wu
  • Filscha Nurprihatin

Abstract

RAK
Lawson adalah salah satu retail yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Umumnya retail ini terletak di daerah yang ramai penduduk seperti pemukiman, sekolah, kampus, dan lain-lainnya. Aktivitas yang terjadi di dalam lawson berpengaruh terhadap waktu saat orang mencari barang yang ingin dibeli dan waktu perjalanan saat akan menuju sebuah etalase tempat. Penempatan etalase yang tepat dan sesuai dengan kebiasaan pembelian pelanggan akan menghemat waktu saat pelanggan akan mencari dan membeli barang. Untuk menghemat waktu saat pelanggan akan mencari dan membeli barang tersebut, maka akan dilakukan penelitian tentang perancangan ulang tata letak etalase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Market Basket Analysis yang digunakan untuk mencari hubungan antar etalase barang pada retail dan Activity Relationship Chart yang digunakan untuk mengatur tata letak perancangan etalase barang agar mempermudah pelanggan mencari barang dan menghemat waktu. Langkah perbaikan terhadap layout dari hasil penelitian adalah dengan menukar tempat Rak 7 dengan tempat Rak 8 dan penukaran tempat secara berurutan dari kiri yaitu Rak 6, Rak 1, Rak 2, Rak 3, Rak 4, dan Rak 5.

Published
2018-08-20
How to Cite
Wilujeng, F., Wu, W., & Nurprihatin, F. (2018). PERANCANGAN ULANG TATA LETAK ETALASE BARANG DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (STUDI KASUS RETAIL LAWSON UNIVERSITAS BUNDA MULIA). Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5955