ANALISIS DINAMIKA KOMPETISI PLATFORM VIDEO BERDASARKAN TEORI NICHE

  • Ronald Sukwadi
  • Wahyuni Inderawati
  • Sylvia Christiana Lasiman

Abstract

Peningkatan penggunaan televisi modern berbasis internet (IPTV dan OTT) di Indonesia serta sumber penunjang hidup yang sama dan terbatas mengancam keberadaan platform video lama (televisi satelit dan televisi kabel). Teori niche diadaptasi dari studi ekologi digunakan untuk mengukur persaingan dinamis di antara media. Melalui tiga konsep pengukuran teori niche, niche breadth, niceh overlap, dan competitive superiority, hubungan persaingan di antara keempat platform video dapat diketahui.Metode penelitian dilakukan melalui kuesioner dan focus group discussion. Kuesioner mengenai gratifikasi yang diberikan setiap platform disebar secara online dan langsung kepada 502 responden. Focus group discussiondilakukan dalam dua kelompok dengan masing-masing 6 responden. Hasil penelitian juga akan dianalisis berdasarkan siklus hidup media. Terdapat 4 hal yang dapat disimpulkan dari penelitian ini: 1) OTT merupakan platform generalis, IPTV dan televisi kabel tergolong cenderung generalis, dan televisi satelit tergolong spesialis 2) Persaingan paling tinggi terjadi di antara televisi
kabel dan IPTV, 3) OTT merupakan platform paling kompetitif atau superior sedangkan televisi satelit yang paling tidak komptitif, 4) Televisi satelit berada dalam siklus defensive resistance, televisi kabel dalam siklus defensive
resistance dan adaptation, IPTV dalam siklus growth, dan OTT dalam siklus maturation.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed