EKSPLORASI SUB-SUB SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI PUSAT-PUSAT KERAMAIAN KABUPATEN KULON PROGO
Suparmin .
Pairun Roniwijaya
Slamet Priyanto
Bayu Rahmat Setiadi
Abstract
Industri kreatif merupakan primadona penyumbang devisa negara yang besar dan lahan lapangan pekerjaan
yang luas yang mampu menyerap jutaan pengangguran di Indonesia. Seiring berkembangnya waktu, sub-sub
sektor industri kreatif sekarang ini berjumlah 18 sub sektor yang meliputi: sektor (1) animasi; (2) arsitektur; (3)
desain; (4) fotografi; (5) musik; (6) kerajinan; (7) kuliner; (8) Mode; (9) penelitian dan pengembangan; (10)
penerbitan; (11) perfilman; (12) periklanan; (13) permainan interaktif; (14) seni pertunjukan; (15) seni rupa;
(16) teknologi informasi; (17) televisi dan radio; dan (18) video. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
seberapa banyak industri kreatif yang tumbuh di pusat-pusat keramaian di Kabupaten Kulon Progo. Metode
penelitian ini menggunakan survei eksploratori dengan teknik pengumpulan data menggunakan
observasi/pengamatan langsung ke pusat-pusat keramaian di Kabupaten Kulon Progo. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa jumlah industry kreatif yang ada dalam area penelitian berjumlah 829 usaha dengan usaha
yang paling mendominasi adalah industri kuliner dengan 46,68 persen, mode 22,19 persen, dan teknologi
informasi sebesar 12,18 persen.
Kata Kunci: ekonomi kreatif, industri kreatif, sub sektor industri kreatif, UMKM, Kabupaten Kulon Progo
DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed