KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI HUBUNGAN KONFLIK PERAN DAN KOMITMEN PROFESI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

  • Rr Tjahjaning Poerwati
  • Rachmawati Meita Oktaviani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja karyawan. Kinerja karyawan terukur dengan variabel konflik peran , komitmen profesi, dan kepuasaan kerja. Penelitian ini dilakukan dengan populasi karyawan Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden, dengan teknik sampling menggunakan conviniance sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan uji path. Hasil penelitian menunjukkan 1). Secara parsial konflik peran dan komitmen profesi berpengaruh terhadap kepuasaan kerja; 2). Secara parsial komitmen profesi dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, akan tetapi konflik peran tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan; dan 3). Kepuasan kerja berhasil memediasi hubungan konflik peran terhadap kinerja karyawan tetapi tidak berhasil memediasi hubungan komitmen profesi terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: konflik peran, komitmen profesi, kepuasan kerja, kinerja
How to Cite
Poerwati, R. T., & Meita Oktaviani, R. (1). KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI HUBUNGAN KONFLIK PERAN DAN KOMITMEN PROFESI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5094