PENGUKURAN KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN BAL DI KASUSPADALAPORAN BI PERIODE 2009-2015

  • Aang Afandi
  • Andi Kusuma Indrawan
  • Basuki Rachmat

Abstract

Pertumbuhan perbankan di Indonesia terjadi pesat sejak Pakto 88 dimana pada saat itu pemerintah mempermudah pendirian bank baru sampai dengan menjelang krisis perbankan tahun 1997. Krisis perbankan menjadi tonggak sejarah kelam dalam kancah bisnis perbankan. Pemerintah pada waktu itu bertindak tegas bahkan tidak segan-segan untuk memberi sanksi berat kepada bank yang mempunyai kinerja buruk bahkan ada beberapa bank yang harus dilikuidasi, hal ini bisa menjadi pelajaran sangat berharga.Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja bank umum syariah di Indonesia yang secara umum menunjukkan perkembangan cukup baik, namum kalau ditinjau dari ukuran-ukuran kinerja keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan juga menunjukkan demikian. Hasil penelitian Perspektif Keuangan menujukkan hasil yang baik. Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA mengalami peningkatan. ROE yaitu mengukur keberhasilan atas kinerja Bank Umum Syariah terhadap tingkat pengembalian atas modal. Sales Growth Pendapatan perbankan syariah dari tahun 2009 ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan Penurunan Biaya Operasional dibandingkan Pendapatan Operasional mengalami penurunan, Waktu Penyelesaian layanan semua transaksi dapat terlyani dengan baik yaitu cepat dan tidak terjadi kesalahan. Perspektif Proses Bisnis Internal, Manufacturing Cycle Evectiviness (MCE) ialah tahapan dimana Bank Syariah berupaya untuk memberikan service excellence. Kecepatan Pelayanan tercipta karena ada teknologi dan sarana yang memadai serta tersedianya sda yang terampil dalam operasional. Employee poductifity Produktivitas, dari hasil menunjukkan dari tahun ke tahun menunjukkan pendapatan dibanding jumlah pegawai hasil atau pendapatan mengalmi turun naik ini tidak terlepas dari masih banyaknya pembukaan cabang baru dan penambahn pegawai baru, penambahan tenaga kerja baru tahun 2013 ke 2014 dan 2015, sedangkan penghasilan mengalami penurunan. Kata Kunci: kinerja keuangan, pelanggan, proses dan pertumbuhan Latar Belakang
How to Cite
Afandi, A., Kusuma Indrawan, A., & Rachmat, B. (1). PENGUKURAN KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN BAL DI KASUSPADALAPORAN BI PERIODE 2009-2015. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5071