PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ESA UNGGUL

  • Harlinda Syofyan
  • Yuliati .

Abstract

Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan seseorang dalam belajar. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar, siswa sangat perlu dibantu dan diarahkan untuk mengenali gaya belajar yang sesuai dengan dirinya sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Motivasi merupakan hal terpenting dalam meningkatkan kualitas siswa yang diamati dari kegiatan proses pembelajaran yang dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya pengerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar dapat tercapai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; Bagi Dosen mata kuliah IPA, mengetahui gaya belajar mahasiswa dan adanya motivasi berprestasi dalam kegiatan pembelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, sehingga pembelajaran IPA akan dapat dicapai dengan baik.; Bagi mahasiswa yang menyadari gaya belajar dan adanya motivasi dalam berprestasi hasil pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA.; Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan akan memacu untuk mengadakan penelitian lebih lanjut. Metode penelitian ini menggunakan metode survey untuk menjaring data dari sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari gaya belajar dengan motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Kata Kunci : gaya belajar, motivasi berprestasi, hasil belajar
Published
2017-08-07
How to Cite
Syofyan, H., & ., Y. (2017). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ESA UNGGUL. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5018