STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGURANGI KOMPLAIN KONSUMEN PADA UKM SKD

  • Andreas Candra Santoso

Abstract

Transportasi memegang peranan penting dalam pembangunan dan perkembangan suatu daerah berkaitan dengan mobilisasi pergerakan arus orang dan barang/jasa. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tidak lepas dari masalah-masalah yang terjadi selama proses pemberian layanan. UKM SKD merupakan usaha yang bergerak di bidang distribusi dengan menyediakan jasa transportasi barang dengan. SKD sendiri merupakan singkatan dari nama pendiri yaitu Siem Kiat Djing. UKM SKD memiliki kendala dalam mengatasi komplain dari konsumen. Dengan menggunakan Fishbone untuk menentukan penyebab masalah yang terjadi. Untuk mempersempit masalah menggunakan metode Urgency, Seriousness, dan Growth (USG) untuk memprioritaskan masalah. Untuk menentukan strategi dengan mengunakan SWOT( Strength, weakness, opportunity, and threat). Pemilihan strategi dengan menggunakan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil dari pemilihan strategi yang telah dianalisis dengan metode TOPSIS adalah memuat regulasi baru. Hasilnya Menerapkan managemen penjadwalan (0,5302), merekut tenaga bantuan dengan (0,4698), memberi pelatihan kepada sopir dengan (0,661), dan menerapkan regulasi baru (0,7216). Dengan menerapakan regulasi baru pemilik dapat membuat masalah bisa berkurang. Penerapan regulasi pemantauan terhadap truk secara berkala yang harus dilakukan bersama antara pemilik dengan sopir. Kata kunci: TOPSIS;SWOT;USG;
Published
2017-08-07
How to Cite
Candra Santoso, A. (2017). STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGURANGI KOMPLAIN KONSUMEN PADA UKM SKD. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5009