STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGURANGI KOMPLAIN KONSUMEN PADA UKM SKD
Andreas Candra Santoso
Abstract
Transportasi memegang peranan penting dalam pembangunan dan perkembangan suatu daerah berkaitan dengan
mobilisasi pergerakan arus orang dan barang/jasa. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tidak lepas dari
masalah-masalah yang terjadi selama proses pemberian layanan. UKM SKD merupakan usaha yang bergerak di
bidang distribusi dengan menyediakan jasa transportasi barang dengan. SKD sendiri merupakan singkatan dari
nama pendiri yaitu Siem Kiat Djing. UKM SKD memiliki kendala dalam mengatasi komplain dari konsumen. Dengan
menggunakan Fishbone untuk menentukan penyebab masalah yang terjadi. Untuk mempersempit masalah
menggunakan metode Urgency, Seriousness, dan Growth (USG) untuk memprioritaskan masalah. Untuk menentukan
strategi dengan mengunakan SWOT( Strength, weakness, opportunity, and threat). Pemilihan strategi dengan
menggunakan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil dari pemilihan strategi
yang telah dianalisis dengan metode TOPSIS adalah memuat regulasi baru. Hasilnya Menerapkan managemen
penjadwalan (0,5302), merekut tenaga bantuan dengan (0,4698), memberi pelatihan kepada sopir dengan (0,661),
dan menerapkan regulasi baru (0,7216). Dengan menerapakan regulasi baru pemilik dapat membuat masalah bisa
berkurang. Penerapan regulasi pemantauan terhadap truk secara berkala yang harus dilakukan bersama antara
pemilik dengan sopir.
Kata kunci: TOPSIS;SWOT;USG;
DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed