ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PEMODELAN KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING
Abstract
Pengembangan sebuah perangkat lunak tidak terlepas dari peran seorang analis. Salah satu tugas analis adalah memodelkan masalah dalam tahapan analisis. Dalam memodelkan, analis biasanya menggunakan alat bantu berupa aplikasi pemodelan kebutuhan perangkat lunak. Aplikasi pemodelan yang tersedia di pasaran relatif komplek dan mahal. Hal tersebut menyebabkan analis mengalami masalah dalam memodelkan kebutuhan, khususnya untuk seorang analis pemula. Analis pemula biasanya kesulitan menerapkan pengetahuan mereka apabila aplikasi yang digunakan terlalu komplek dan sulit dipahami. Aplikasi yang tersedia juga lebih banyak ditujukan untuk dunia industri, dan jarang sekali aplikasi yang ditujukan untuk pendidikan. Dalam paper ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sebuah aplikasi pemodelan kebutuhan perangkat lunak. Aplikasi yang dirancang ditujukan untuk dunia pendidikan dan dimaksudkan membantu analis pemula dalam memahami sintak-sintak khusunya dalam diagram UML (Unified Modeling Language). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping. Penggunaan metode ini adalah untuk mendapatkan umpan balik yang cepat dari pengguna, membantu analis pemula dalam menentukan kebutuhan pengguna yang sebenarnya, dan evaluasi dapat dilakukan berkali-kali. Penelitian ini menghasilkan usulan hasil analisis dan perancangan aplikasi pemodelan kebutuhan perangkat lunak berorientasi objek. Kata Kunci: Analisis, Perancangan, Pemodelan, Kebutuhan, Perangkat Lunak
Published
2017-08-07
How to Cite
Subhiyakto, E. R., & Wahyu Utomo, D. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PEMODELAN KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4995
Section
Articles