PEMASARAN SOSIAL IURAN PUBLIK PADA GERAKAN INDONESIA MENGAJAR MELALUI MEDIA SOSIAL

  • Tri Susanto
  • Pawito Pawito
  • Sudarmo .

Abstract

Komunikasi pemasaran sosial merupakan strategi pemasaran Intangibility product yang ditujukan untuk memenuhi
kebutuhan organisasi non-profit untuk memasarkan ide-idenya agar dapat merubah perilaku individu dan
sekelompok orang. Kampanye sosial dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku masyarakat dari
bermacam-macam isu yang dihadapi oleh sebuah negara. Kegiatan kampanye sosial #iuRUN dibaca (I-U-RUN)
saya-kamu-lari merupakan salah satu upaya gerakan Indonesia Mengajar dalam melakukan promosi iuran publik
sebagai salah satu pilar pendanaan gerakan sosial ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan strategi komunikasi kampanye sosial #iuRUN dengan pendekatan komunikasi pemasaran sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus yang mengambil aktivitas kampanye
#iuRUN yang serentak dilakukan di 127 desa, 22 kota besar dan beberapa lokasi di luar negeri yang dilakukan pada
tanggal 31 Agustus 2014. Data utama diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi. Temuan penelitian
memberikan gambaran Strategi Komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Indonesia Mengajar pada
kampanye #iuRUN yang menghubungkan interaksi offline yaitu kegiatan berlari serentak dengan interaksi online
yaitu media sosial sebagai saluran utama dalam pemasaran sosial yang bertujuan membangun brand awareness
terhadap iuran publik, melalui new media informasi yang berikan lebih luas sehingga diharapkan menjangkau
sasaran target adopter yang lebih jauh. Target adopter Iuran publik merupakan multiplayer yang tidak hanya
menyumbangkan dana namun juga tenaga dan pemikiran dalam usaha memajukan pendidikan di pelosok Indonesia
Kata Kunci: Pemasaran Sosial, Indonesia Mengajar, Media sosial.
How to Cite
Susanto, T., Pawito, P., & ., S. (1). PEMASARAN SOSIAL IURAN PUBLIK PADA GERAKAN INDONESIA MENGAJAR MELALUI MEDIA SOSIAL. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4279