PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL MELALUI ASSESSMENT CENTER

  • Susi Adiawaty

Abstract

Prioritas utama para pemimpin organisasi dewasa ini adalah menciptakan keunggulan bersaing (competitive
Advantage) agar mememangkan persaingan dunia bisnis yang sangat ketat. Salah satu keunggulan yang bisa dicapai
dan sulit untuk ditiru oleh pesaing yaitu keunggulan dari sisi sumber daya manusia melalui kreatifitas yang
dihasilkan dan keunikan sumber daya manusia yang dimiliki. Orgnaisasi dapat menciptakan keunggulan sumber
daya manusianya dengan menerapkan manajemen yang berbasis kompetensi yang diadakan melalui Assessment
Center. Assessment Center merupakan proses yang terpusat pada satu lokasi untuk menangani sumber daya
manusia yang terpusat, terkendali dan terawasi yang pada akhirnya akan meningkatkan kompetensi sumber daya
manusia dalam perusahaan. Assessment Center bertujuan untuk mengidenfikasi kebutuhan pengembangan sumber
daya manusia agar siap menghadapi tugas-tugas yang akan diberikan ke depan serta digunakan untuk proses seleksi
dan penempatan karyawan sehingga AC dapat digunakan dalam strategi pengembangan sumber daya manusia
dalam organisasi. Assessment Center dicerminkan oleh karakteristik adanya simulasi yang menggunakan berbagai
simulasi yang mencerminkan tingkah laku yang menjadi prasyarat jabatan yang akan diduduki. Observasi perilaku/
kompetensi asesi (peserta asesmen) didasarkan beberapa simulasi (minimal dua) yang didesain untuk mengukur
dimensi/kompetensi yang sama dengan tujuan untuk mengeleminasi kesalahan pengukuran yang dijalankan dan
diukur oleh seorang asesor yang terlatih.
Kata Kunci: Sumber Daya Manusia Unggul, Assessment Center, Asesor

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed