ANALISIS PENGARUH PROMOSI, DESAIN PRODUK, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Persaingan ketat telah membuat air minum dalam kemasan Ades yang merupakan perushaan yang telah diakuisisioleh PT. Coca Cola Amatil mengalami penurunan persentase Top Brand Index (TBI) selama tiga tahun berturut –
turut dan selalu berada di urutan terakhir untuk Top Five air minum dalam kemasan di Indonesia. Top Brand Index
(TBI) memiliki tiga indikator utama, yaitu Commitment Share, Mind Share, dan Market Share. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui besar pengaruh variabel Promosi, Desain Produk, dan Kelompok Refrensi
yang diharapkan nanti dapat meningkatkan persentase TBI. Variabel Promosi, Desain Produk, dan Kelompok
Referensi sebagai variabel independen; Citra Merek sebagai variabel intervening; dan Keputusan Pembelian sebagai
variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen air minum dalam kemasan
Ades. Metode penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling.
Sampel yang digunakan sebanyak 157 responden. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian diolah dan
dianalisis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) melalui program AMOS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel indenpenden memiliki pengaruh positif terhadap Citra Merek; dan
Citra Merek memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Dari ketiga pengaruh variabel independen
tersebut Kelompok Referensi memiliki pengaruh terbesar terhadap Citra Merek dan kemudian disusul dengan
promosi dan terkecil adalah Desain Produk.
Kata Kunci : Promosi, Desain Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian
How to Cite
Ayuningtyas, R. (1). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, DESAIN PRODUK, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4275
Section
Articles