PELAYANAN PUBLIK DALAM KERANGKA OTONOMI DAERAH
Abstract
Kajian ini menganalisis terhadap problematika dalam pelayanan public dalam kerangka otonomi daerah.Perkembangan otonomi daerah memiliki disain yang berbeda-beda dalam dekade kepemimpinan pemerintahan,
mulai dari orde lama, orde baru dan reformasi. Perbedaan paradigma dan pemahaman terhadap model implementasi
otonomi daerah, maka tidak terlepas dari berbedanya system pelayanan public yang terjadi. Dalam kajian ini lebih
memfokuskan perkembangan otonomi daerah dan oreantasinya pelayanan public pada masuknya masa reformasi,
dimana banyak berubahnya perangkat hukum tentang penyelenngaraan pemerintahan daerah, terutama berkaitan
dengan peraturan perundang-undangan berkaitan dengan pemerintahan daerah. Perkembangan pola otonomi daerah
yang mendasarkan kepada model pelayanan publik di daerah dan pengembangannya melalui one get service,
sebagai dorongan untuk menciptakan standar pelayanan publik. Kajian ini bertujuan untuk memetakan model
pelayanan publik oleh pemerintah daerah dan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
kepustakaan (liberary reaserch).
Kata Kunci : Public Service, Standar Pelayanan dan Otda.
How to Cite
Kabir, K. (1). PELAYANAN PUBLIK DALAM KERANGKA OTONOMI DAERAH. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4259
Section
Articles