PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP CITRA UNIVERSITAS (STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

  • Indah Dwi Prasetyaningrum

Abstract

Manajemen yang baik selalu diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup usaha agar dapat
selalu tumbuh dan berkembang dalam keputusan strategis dan operasional perusahaan. Salah
satu strategi yang biasa digunakan dalam pemasaran adalah strategi bauran pemasaran. Hal ini
dikarenakan bauran pemasaran selama ini menjadi tolok ukur kepuasan konsumen dan
kredibilitas perusahaan. Universitas Muria Kudus adalah salah satu perguruan tinggi swasta di
kota Kudus, yang juga mengalami persaingan usaha. Mahasiswa sebagai konsumen jasa
perguruan tinggi, pada dasarnya menilai lembaga pendidikan dari kredibilitas, reputasi dan
semacamnya, yang selanjutnya disebut dengan citra perusahaan (corporate image) dari
perguruan tinggi tersebut. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana tanggapan
mahasiswa mengenai bauran pemasaran jasa yang dilakukan oleh Universitas Muria Kudus,
bagaimana tanggapan mahasiswa mengenai citra yang dimiliki oleh Universitas Muria Kudus,
sejauhmana bauran pemasaran jasa mempengaruhi citra Universitas Muria Kudus, dan bauran
pemasaran mana yang paling berpengaruh terhadap citra Universitas Muria Kudus. Penelitian ini
bersifat deskriptif dan verifikatif, terhadap 93 sampel mahasiswa Universitas Muria Kudus.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel yang
akan digunakan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda
(regression analysis).
Keywords : service, service marketing mix ,citra lembaga

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed