ANALISIS KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH BATIK DI PROVINSI JAWA TENGAH

  • Gita Sugiyarti

Abstract

Tujuan utama studi ini ialah mengembangkan sebuah model konseptual kinerja pemasaran mengenai inovasi produk
dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Target khusus penelitian
ini untuk menguji secara empirik pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan
pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Teknik sampling berdasarkan purposive sampling.
Sampel diambil sebanyak 115 responden usaha kecil menengah batik di Provinsi Jawa Tengah. Data dalam
penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara. Pengumpulan data dengan menggunakan kombinasi pertanyaan
terbuka dan pertanyaan tertutup, yang diberikan kepada responden. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan Structural Equation Modeling ( SEM ).
Temuan teoritis studi ini adalah memperkaya literature untuk menciptakan kinerja pemasaran. Sedangkan temuan
manajerial dalam studi ini adalah membangun keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran
Kata Kunci: inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed