EVALUASI USABILITAS PADA APLIKASI PROGRAM SIMULASI WARNA BATIK
Abstract
Saat ini penggunaan aplikasi berbasis komputer telah berbukti mampu mereduksi secara signifikan waktu yangdibutuhkan untuk merancang produk dibandingkan jika menggunakan metode konvensional. Hal ini coba
diterapkan pada industri batik oleh Rif’ah (2015) dengan mengembangkan Program Simulasi Warna Batik.
Berdasarkan uji usability satisfaction yang telah dilakukan, aplikasi tersebut memiliki penerimaan oleh responden
rata-rata sebesar 3,87 dalam skala 1-5. Padahal menurut Nielsen (1993), suatu produk dikatakan memuaskan bila
rata-rata nilainya 4 pada skala 1-5. Oleh karena itu aplikasi perangkat lunak ini masih perlu dikembangkan lebih
lanjut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Heuristic Evaluation, yang merupakan salah satu metode
dalam kajian usabilitas. Usabilitas adalah atribut kualitatif yang menentukan seberapa mudah user menggunakan
antarmuka suatu aplikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, masalah usabilitas pada Program Simulasi
Warna Batik yang terutama (48%) adalah berkenaan dengan “Match with user's task” (kesesuaian antara
ketersediaan pada sistem dengan cara umum yang digunakan sesuai dengan persepsi pengguna). Selain itu,
berdasarkan perhitungan persentase jumlah masalah usabilitas yang ditemukan, diperoleh kesimpulan bahwa
jumlah evaluator sebanyak 15 orang berdasarkan model Nielsen (1992) masih cukup representatif.
Kata Kunci: usabilitas, heuristic evaluation, program simulasi warna batik
How to Cite
Inayati Rif’ah, M., Yusuf, M., & Hakim Akbar, F. (1). EVALUASI USABILITAS PADA APLIKASI PROGRAM SIMULASI WARNA BATIK. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4197
Section
Articles