MODEL PEMBELAJARAN ADAPTIF PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER

  • Veronica Lusiana
  • Budi Hartono

Abstract

Konsep pembelajaran adaptif menawarkan proses belajar yang melihat kemampuan pemahaman
mahasiswa. Pembelajaran adaptif pada umumnya lebih dititikberatkan untuk proses ujian yang
dikenal dengan istilah ujian adaptif menggunakan komputer (computer adaptive test, CAT;
computer-based test, CBT). Disini, urutan soal yang dikerjakan mahasiswa berbeda antara satu
mahasiswa dengan yang lain sesuai dengan kemampuan mengerjakan soal oleh mahasiswa.
Tingkat kesulitan soal yang diberikan atau dimunculkan oleh komputer bervariasi untuk setiap
mahasiswa sesuai dengan skor yang dihasilkan dari jawaban sebelumnya. Pada penelitian ini
akan menerapkan konsep pembelajaran adaptif yang diterapkan pada urutan pemberian suatu
bahan ajar yaitu sub-pokok bahasan kepada mahasiswa. Sub-pokok bahasan disini adalah yang
bersifat pengayaan atau sub-pokok bahasan lanjutan, karena pokok bahasan pengantar atau
pemahaman dasar masih diberikan secara seragam untuk seluruh mahasiswa. Urutan bahan ajar
yang bersifat pengayaan diberikan secara adaptif mengikuti tingkat penerimaan mahasiswa
terhadap pokok bahasan sebelumnya. Melalui model pembelajaran ini diharapkan mahasiswa
dapat menguasai pengetahuan dasar mata kuliah Grafika Komputer dan menguasai pokok
bahasan lanjutan atau pengembangan secara lebih baik sesuai dengan kemampuan penalarannya.
Pokok bahasan yang dipilih disini adalah clipping menggunakan algoritma Cohen-Sutherland.
Kata Kunci: computer adaptive test, adaptive learning, algoritma cohen-sutherland
How to Cite
Lusiana, V., & Hartono, B. (1). MODEL PEMBELAJARAN ADAPTIF PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4177