PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK RABBANI MELALUI PENERAPAN BISNIS INTELIJEN DENGAN METODE OLAP (ONLINE ANALYTICAL PROCESS)

  • Tri Ginanjar Laksana
  • Jubaedah Jubaedah
  • Nana Suarna

Abstract

Tahun 2015 reShare rabbani cipto-cirebon mengalami kondisi penjualan yang tidak stabil. Hal ini terjadi karena di daerah tersebut banyak berdiri toko-toko baru dari reShare lain. Akibatnya
penjualan produk rabbani mengalami penurunan omset pada 12 minggu terakhir ditahun 2015.Penelitian ini dilakukan menggunakan metode OLAP (Online Analytical Processing).
Metode ini terdiri dari tiga tahapan operasi analisa dasar, diantaranya consolidation (roll-up), drill-down, slicing and dicing. Aplikasi bantu yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
PowerOLAP versi 14. Penelitian ini diharapkan dapat membantu memberikan prediksi pada toko rabbani cipto-cirebon dalam meningkatkan penjualan produknya. Serta dapat membatu dalam
memberikan inovasi baru pada produk rabbani agar banyak pengunjung datang. Sehingga dapat menghasilkan informasi yang tepat untuk membantu pihak manajemen dalam meningkatkan
produktifitas penjualan.


Kata Kunci: bisnis intelijen, powerolap versi 14, analisa dasar, consolidation, drill-down.

How to Cite
Laksana, T., Jubaedah, J., & Suarna, N. (1). PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK RABBANI MELALUI PENERAPAN BISNIS INTELIJEN DENGAN METODE OLAP (ONLINE ANALYTICAL PROCESS). Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4175