PEMODELAN TERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI PRODUK KREATIF SEBAGAI UPAYA INSPIRASI DAN INOVASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

  • . Malabay
  • Geggy Gamal
  • Jhon Viter

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan usaha suatu wilayah yang efektif, efisien, produktif dan
berkreatif akan memiliki tingkat daya saing yang tinggi, namun beberapa kendala yang dihadapi
oleh Usaha Mikro Kecil Menengah biasanya terjadi pada: pemasaran yang kurang tepat sasaran,
kurangnya modal, inovasi yang masih dibawah standar, kebutuhan bahan baku yang kurang tersedia,
sumber daya manusia yang belum memadai, belum memiliki atau mengembangkan rencana strategis
untuk usaha/kesinambungan bisnis (businees continuity planning), kurang memahami tentang
pemulihan bencana atau kendala dari dalam dan luar (disaster recovery planning). Berkaitan dengan
masalah yang sering dihadapi UMKM maka perlu strategi untuk mengatasinya melalui dukungan
pengusaha sebagai penyandang dana, dinas/instansi pemerintah kabupaten/kota atau provinsi dengan
kebijakan pemerintah yang mendorong pengembangan UMKM, perguruan tinggi sebagai alih
pengetahuan melalui terapan teknologi informasi dengan beberapa aplikasi komputer untuk
mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi produk kreatif karena dilain pihak perkembangan terapan
teknologi informasi menjanjikan peluang sebagai upaya inspirasi dan inovasi dalam rangka
terobosan pemasaran. Penerapannya, melalui prototyping melalui proses developing proses yang
menghasilkan ouput yang efisien, memudahkan menciptakan sebuah produk kreatif dengan
pendekatan model terapan teknologi informasi yang berintegrasi dengan daya imajinasi aktif sebagai
upaya inspirasi dan inovasi Usaha Mikro Kecil Menengah.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, Produk Kreatif, Inspirasi, Inovasi.
How to Cite
Malabay, ., Gamal, G., & Viter, J. (1). PEMODELAN TERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI PRODUK KREATIF SEBAGAI UPAYA INSPIRASI DAN INOVASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4169