SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN
Abstract
Pelafalan bahasa Mandarin memperhatikan unsur tinggi nada, intensitas nada, panjang nada danwarna nada. Setiap nada dalam bahasa Mandarin mempunyai arti tersendiri, sehingga perbedaan
pengucapannya dapat menyebabkan salah makna. Kompetensi bahasa Mandarin mencakup
penguasaan kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis aksara Mandarin. Untuk
mencapai kompetensi yang diharapkan dibutuhkan media bantu dalam proses belajar bahasa
Mandarin, baik berupa media cetak atau elektronik. Sementara itu, teknologi mobile saat ini
seperti smartphone sangat menunjang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mobile learning
(mlearning) merupakan teknologi mobile yang memberikan keleluasaaan untuk mengakses
informasi yang dapat mendukung dalam pembelajaran bahasa mandarin. Mlearning mampu
menyajikan materi seacara interaktif baik berupa teks, gambar, suara, animasi dan simulasi.
Aplikasi mlearning pembelajaran bahasa mandarin yang dikembangkan dengan pendekatan SDLC
dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi siswa berbahasa
mandarin. Aplikasi ini mendukung peningkatan ketrampilan siswa untuk memahami bahasa lisan
dan bahasa tulis, melalui modul materi, audio/video, latihan serta penulisan (handwriting) huruf
hanzi Mandarin.
Kata kunci: Smartphone, Mobile learning, Bahasa Mandarin
How to Cite
., D., Hari, Y., & Hermawan, B. (1). SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/3367
Section
Articles