FRAMEWORK DESAIN SITUS WEB BUSINESS TO CONSUMER YANG EFEKTIF BERDASAR STUDI LITERATUR DAN PERSEPSI PENGGUNA

  • Yohanes Suhari
  • Arief Jananto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mencari faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam
memilih situs web; dan (2) Menentukan urutan prioritas faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam
memilih situs web. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yang pertama dilakukan dengan studi literatur untuk
menemukan kerangka kerja. Tahap berikutnya, berdasarkan kerangka kerja yang telah dibangun dilakukan tes pada
konsumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Stikubank Semarang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling. Responden ditentukan dengan cara dicari di kampus yang memenuhi
syarat sudah melakukan akses situs web yang menyediakan fasilitas penjualan atau pembelian. Banyaknya
responden pada penelitian ini adalah 107 mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1.
Unsur situs web dikelompokan menjadi 3 dan berdasarkan tingkat kepentingannya dari yang paling tinggi adalah: (i)
Pencarian informasi; (ii) Transaksi; (iii) Kenyamanan; 2. Tiga komponen pertama situs web yang dianggap sangat
penting berturut-turut adalah sebagai berikut : (i) Informasi yang tepat; (ii) Transaksi aman; (iii) Tersedia informasi
produk yang lengkap; 3. Tiga komponen pertama situs web yang dianggap tidak begitu penting adalah : (i) Selera
humor; (ii) Sound atau musik latar / background (iii) Animasi.
Kata Kunci: desain situs web, business to consumer, persepsi pengguna
How to Cite
Suhari, Y., & Jananto, A. (1). FRAMEWORK DESAIN SITUS WEB BUSINESS TO CONSUMER YANG EFEKTIF BERDASAR STUDI LITERATUR DAN PERSEPSI PENGGUNA. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/3349