PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA BARAT
Abstract
Pengelolaan perguruan tinggi swasta dewasa ini dihadapkan pada berbagai hambatan dan tantangan dalam upayameningkatkan kualitas, citra, daya tarik dan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing global. Masalah yang
selalu muncul adalah adanya kesenjangan antara jumlah pendaftar/calon peminat dan jumlah yang diharapkan dapat
diterima di perguruan tinggi swasta (PTS).Hal ini mungkin merupakan dampak dari strategi bersaing, kualifikasi SDM
atau pergeseran aspirasi para calon mahasiswa dan faktor-faktor lain yang berperan dalam mempersepsi dan
mendeterminasi keputusan para calon peminat. Pengelolaan perguruan tinggi swasta semakin komplek manakala di
hadapkan pada variabel-variabel eksternal seperti PTN dan publik lainnya yang dapat menjadi peluang dan sekaligus
menjadi ancaman. Tiap PTS memiliki kiat tersendiri memperlakukan variabel-variabel tersebut, agar mereka dapat
mengubah ancaman menjadi peluang sebagai strategi jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk mengkaji
permasalahan di atas penelitian ini menggunakan pendekatan marketing mix 7 P yaitu, Product, Place, Process, People,
Promotion, Phisycal Evidence, Price. Tujuan penelitian ini adalah untuk memengetahui pengaruh bauran pemasaran
(marketing mix) jasa pendidikanterhadap keputusan para calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di
jawa barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa dari 15
perguruan tinggi swasta di jawa barat yang diambil secara random. Pengolahan data menggunakan metode statistik
korelasional. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut ; tidak seluruh variabel marketing mix
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi swasta di jawa
barat. Variabel yang tidak berpengaruh signifikan adalah harga (price), promosi (promotion), dan orang (people),
sedangkan yang berpengaruh secara signifikan yaituproduk (product), lokasi (place), proses (process) dan bukti fisik
(physical evidence).
Kata kunci :Product,Place, Process, People, Promotion, Phisycal Evidence, Price
How to Cite
Muhyidin, U. (1). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA BARAT. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/3314
Section
Articles