PELATIHAN OPTIMASI MEDIA ONLINE INSTAGRAM UNTUK BERJUALAN BAGI UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO

  • Fatkhul Amin
  • Setyawan Wibisono
  • Mardi Siswo Utomo
  • zuly Budiarso
  • Imam Husni Al Amin
  • Taufiq Dwi Cahyono

Abstract

UMKM memiliki banyak kelebihan dalam hal pemberdayaan masyarakat, salah satu kunci keberhasilannya anggotanya harus memiliki kemampuan dalam memasarkan produknya.  Pemasaran online kini menjadi semakin krusial di era digital, terutama bagi UMKM di Kelurahan Mangunharjo yang beroperasi di sektor usaha kecil dan menengah. Instagram, sebagai salah satu platform  terpopuler peringkat 2 (dua) di Indonesia, menyediakan beragam fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk dengan efektif dan efisien. Pelatihan ini menggunakan pendekatan praktis yang melibatkan demonstrasi langsung serta tugas mandiri bagi para pelaku UMKM. Hasilnya menunjukkan peningkatan interaksi pelanggan dan konversi penjualan melalui penggunaan Instagram. Selain itu, fitur-fitur seperti Reel memungkinkan pengelolaan bisnis yang lebih teratur dan profesional. Pemanfaatan Instagram secara tepat dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mendukung strategi pemasaran digital UMKM, membantu mereka berkembang di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif.

 Kata kunci: whatsapp, Pemasaran online, UMKM Mangunharjo

Published
2024-09-13
How to Cite
Amin, F., Wibisono, S., Utomo, M., Budiarso, zuly, Al Amin, I., & Cahyono, T. (2024). PELATIHAN OPTIMASI MEDIA ONLINE INSTAGRAM UNTUK BERJUALAN BAGI UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO. Jurnal Penamas, 8(2), 171 - 180. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9944

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>