PELATIHAN OPTIMASI MEDIA ONLINE INSTAGRAM UNTUK BERJUALAN BAGI UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO TUGU

  • Setyawan Wibisono Universitas Stikubank Semarang
  • Fatkhul Amin Universitas Stikubank Semarang
  • Mardi Siswo Utomo Universitas Stikubank Semarang
  • Zuly Budiarso Universitas Stikubank Semarang
  • Imam Husni Al Amin Universitas Stikubank Semarang
  • Taufiq Dwi Cahyono Universitas Semarang

Abstract

UMKM memiliki banyak kelebihan dalam hal pemberdayaan masyarakat, salah satu kunci keberhasilannya anggotanya harus memiliki kemampuan dalam memasarkan produknya.  Pemasaran online kini menjadi semakin krusial di era digital, terutama bagi UMKM di Kelurahan Mangunharjo yang beroperasi di sektor usaha kecil dan menengah. Instagram, sebagai salah satu platform  terpopuler peringkat 2 (dua) di Indonesia, menyediakan beragam fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk dengan efektif dan efisien. Pelatihan ini menggunakan pendekatan praktis yang melibatkan demonstrasi langsung serta tugas mandiri bagi para pelaku UMKM. Hasilnya menunjukkan peningkatan interaksi pelanggan dan konversi penjualan melalui penggunaan Instagram. Selain itu, fitur-fitur seperti Reel memungkinkan pengelolaan bisnis yang lebih teratur dan profesional. Pemanfaatan Instagram secara tepat dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mendukung strategi pemasaran digital UMKM, membantu mereka berkembang di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif

Author Biographies

Setyawan Wibisono, Universitas Stikubank Semarang

Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank Semarang

Fatkhul Amin, Universitas Stikubank Semarang

Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank Semarang

Mardi Siswo Utomo, Universitas Stikubank Semarang

Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank Semarang

Zuly Budiarso, Universitas Stikubank Semarang

Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank Semarang

Imam Husni Al Amin, Universitas Stikubank Semarang

Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank Semarang

Taufiq Dwi Cahyono, Universitas Semarang

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Semarang

Published
2024-09-13
How to Cite
Wibisono, S., Amin, F., Utomo, M., Budiarso, Z., Al Amin, I., & Cahyono, T. (2024). PELATIHAN OPTIMASI MEDIA ONLINE INSTAGRAM UNTUK BERJUALAN BAGI UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO TUGU. Jurnal Penamas, 8(2), 149 - 158. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9935