PENINGKATAN KUALITAS INFORMASI BAGI KELOMPOK PEMUDA TENTANG PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

  • Agung Nusantara UNIMUS
  • Kartiko Wibowo
  • Andika Baskara
  • AM. Jumai
  • Galihg Pratama

Abstract

Isu mengenai lingkungan merupakan isu yang sentral, baik dari sisi akademis maupun dari sisi praktis berbisnis. Oleh sebab itu, isu mengenal lingkungan perlu disebar-luaskan dikalangan masyarakat, khususnya pemuda, yang bisa diharapkan sebagai agen penggerak isu ramah lingkungan. Namun demikian, berdasarkan pengamatan sebelumnya, sikap pemuda dalam menghadapi isu lingkungan didominasi factor emosional dan pengaruh lingkungan. Peran pengalaman empiris berupa outcome evaluation tidak menonjol dalam pembentukan sikap.  Pengabdian ini menyasar pada wilayah yang banyak kelompok pemudanya berstatus pelajar atau mahasiswa untuk diberi bekal pengetahuan tentang pentingnya merawat lingkungan melalui pola konsumsi. Penyampaian pengetahuan tersebut disampaikan melalui sosialisasi dan diskusi antar pemuda. Hasil diskusi diantara pemuda menunjukkan bahwa banyak diantara mereka abai terhadap dampak kegiatan konsumsi mereka terhadap lingkungan (Outcome Evaluation). Diskusi diantara mereka menunjukkan adanya peningkatan kesadaran tentang pentingnya memperhatikan dampak setiap tindakan, sekecil apapun tindakan itu, terhadap lingkungan. Kegiatan ini diharapkan memberi dampak pada peningkatan perhatian pemuda terhadap hal sekecil apapun dalam kegiatan konsumsi mereka yang berkaitan dengan isu produk ramah lingkungan. Semua orang mampu merawat lingkungan dengan cara yang sederhana, yaitu selalu mengevaluasi dampak tindakan yang dilakukan, yang pada akhirnya mampu mengisi sisi pengalaman berkonsumsi yang ramah lingkungan.

Published
2024-09-13
How to Cite
Nusantara, A., Wibowo, K., Baskara, A., Jumai, A., & Pratama, G. (2024). PENINGKATAN KUALITAS INFORMASI BAGI KELOMPOK PEMUDA TENTANG PRODUK RAMAH LINGKUNGAN. Jurnal Penamas, 8(2), 128 - 132. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9912