REVITALISASI BUDAYA JAJANAN KAKI LIMA: MENINGKATKAN TAMPILAN MAKANAN MELALUI SOLUSI PLATING INOVATIF UNTUK STREET FOOD BOOMBER

  • Sri Yulianto Fajar Pradapa Perhotelan Unisbank
  • Wahyu Mafatikhul Aulia
  • Widhian Hardiyanti

Abstract

Jajanan kaki lima atau street food Boomber telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya makanan jalanan di Kota Surakarta. Namun, permasalahan yang dihadapi adalah presentasi makanan yang kurang menarik dan tidak memaksimalkan cita rasa yang dimiliki. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi tampilan inovatif guna meningkatkan presentasi makanan pada Street food Boomber.

Permasalahan yang diidentifikasi adalah kurangnya daya tarik visual makanan pada jajanan kakilima, kurangnya pemahaman street food boomber tentang pentingnya tampilan makanan yang menarik, serta keterbatasan kreativitas dalam menyajikan makanan street food yang menggugah selera. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami mengusulkan beberapa solusi.

Solusi pertama adalah pengembangan solusi tampilan inovatif melalui penggunaan peralatan dan teknik display yang kreatif. Pemanfaatan peralatan display yang sesuai dan teknik presentasi yang menarik, presentasi makanan pada jajanan kakilima diharapkan dapat meningkat sehingga diharapkan lebih memikat dan menggugah selera.

 

Kata kunci: street food, makanan, innovatif, display

Published
2024-09-20
How to Cite
Pradapa, S. Y., Aulia, W., & Hardiyanti, W. (2024). REVITALISASI BUDAYA JAJANAN KAKI LIMA: MENINGKATKAN TAMPILAN MAKANAN MELALUI SOLUSI PLATING INOVATIF UNTUK STREET FOOD BOOMBER. Jurnal Penamas, 8(2), 181 - 184. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9787

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>