WORKSHOP PENINGKATAN KAPASITAS DAN KAPABILITAS SOFTSKILL DAN SADAR WISATA KARYAWAN HOTEL FOVERE BANDARA SEMARANG
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari sumberdaya manusia di hotel fovere bandara semarang, tidak hanya kemampuan hard skill melainkan juga kemampuan soft skill serta pengetahuan di bidang pariwisata. Bentuk kegiatan workshop peningkatan kapasitas dan kapabilitas kapabilitas soft skill dan sadar wisata karyawan Hotel Fovere Bandara Semarang meliputi memberikan penjelasan tentang pengembangan pelayanan prima, memberikan penjelasan tentang Sadar Wisata, Kedisiplinan, Hygiene & Sanitasi, Pemasaran, dan Penerapan Protokol Kesehatan. Waktu pelaksanaan adalah hari rabu, kamis dan jumat, hari itu dipilih karena sudah terjadi kesepakatan dengan pengelola hotel Fovere Bandara Semarang. Sedangkan jumlah jam dalam pelaksanaan kegiatan adalah 24 (dua puluh empat) jam yang terdiri dari 2 (dua) sesi pelaksanaan yaitu sesi pemberian materi dan sesi Praktek. Hasil evaluasi dilihat dari antusiasme peserta dalam menyampaikan pendapat dan pegalaman, dapat menerapkan metode pelayanan dengan cara tersenyum, cara menyapa tamu/konsumen, cara menggunakan alat kebersihan, dan cara berkomunikasi serta mengerti metode pengembangan diri untuk lebih menarik dan selalu siap membantu tamu, serta memahami teknik pemasaran yang tepat dan memahami penerapan protokol kesehatan di lingkungan pelayanan umum. Dapat disimpulkan bahwa pesarta semakin tahu arti pentingnya sadar wisata, pengembangan pelayanan prima, hygiene & sanitasi, psychology pelayanan, kepedulian terhadap tamu, dan teknik pengelolaan dan pengembangan potensi, serta penerapan protokol kesehatan. Peserta semakin paham tentang kebersihan diri dan kebersihan lingkungan kerja serta disiplin kerja. Peserta semakin mengetahui cara senyum, cara menyapa, cara salam, dan cara berkomunikasi. Dan peserta semakin meningkat rasa kepercayaan dirinya dalam menjalankan pekerjaannya