PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PERTAMINA ENDURO EXPRESS NITROGEN GO

  • Gregorius Anggana L Universitas Stikubank
  • Arief Himmawan DN
  • Pancawati Hardiningsih
  • Sri Nawatmi

Abstract

Outlet pengisian nitrogen di SPBU mengalami peningkatan menjadi lebih 1000 dengan berbagai merek, sehingga layanan pengisian angin ban dengan nitrogen semakin marak. Hal ini menuntut layanan lebih baik dalam pemberian service excellent kepada pelanggan di setiap stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) milik PT Pertamina. Namun nyatanya belum banyak pengguna kendaraan yang paham betul dengan manfaat serta keuntungan dari penggunaan nitrogen pada ban. Pelatihan layanan ini ditujukan pada operator Pertamina Enduro Express Nitrogen Go dengan tujuan memberikan wawasan tentang service exellence kepada pelanggan. Pelatihan diikuti 25 operator mitra migas dari kota Semarang. kabupaten Semarang, kota Salatiga, kota Magelang dan kabupaten Magelang. Hasil pelatihan menunjukkan operator dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sudah sesuai dengan SOP yang  ditetapkan perusahaan dan pihak regulasi. Untuk meningkatkan kinerja dan fungsi operator, maka perlu sistem pencatatan tugas operator secara konsisten setiap shitf, harian. mingguan maupun bulanan. Perlu diterapkan sistem pengawasan/pengendalian dan pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Published
2023-02-27
How to Cite
Anggana L, G., Himmawan DN, A., Hardiningsih, P., & Nawatmi, S. (2023). PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PERTAMINA ENDURO EXPRESS NITROGEN GO. Jurnal Penamas, 7(1), 35 - 40. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9179

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>