PENDAMPINGAN PEMBUATAN MATERI PROMOSI BAGI UMKM STREETFOOD BOOMBER SURAKARTA

  • Sri Yulianto Fajar Pradapa Perhotelan Unisbank
  • Widhian Hardiyanti Fakultas Vokasi UNISBANK Semarang
  • Mulyo Budi Setiawan Fakultas Vokasi UNISBANK Semarang
  • Wahyu Mafatikhul Aulia

Abstract

RINGKASAN

Beragam masalah yang dihadapi oleh UMKM Street food pada proses usahanya, antara lain:   masalah   kewirausahaan,   masalah manajemen   terkait   dengan   pemasaran,   produksi, organisasi dan SDM, keuangan, teknologi, risiko, skala usaha mikro dan kecil. Permasalahan yang mengandung risiko tinggi pada UMKM yang jenis produknya merupakan produk olahan jajanan  kekinian  yang  dikenal  dengan  sebutan  street  food  adalah  risiko  ketidakpastian lingkungan. Saat ini risiko ketidakpastian lingkungan tersebut telah terjadi yauti Covid19 dan sudah mulai berangsur angsur pulih kepada kondisi baru yang disebut new normal. Kondisi ketidakpastian lingkungan ini sangat sulit untuk diantisipasi dan menyebabkan pengaruh terpuruknya berbagai sektor tidak terkecuali UMKM Jajanan kekinian. Bagaimana cara UMKM memperbaiki cash flow dan membangun ulang usahanya yang sebelumnya telah memiliki reputasi. Banyak  sekali  dampak dari ketidakpastian  yang akan menyebabkan  UMKM  harus melakukan rebranding produknya, dan gagasan terkait dengan pengembangan strategi, seperti: memangkas biaya produksi, alternatif jenis produk, pemanfaatan digital marketing, target pasar dan serta melakukan promosi ulang kepada penyelenggara Food Festifal. Masa pandemi covid 19 yang sudah menjadi new normal memberikan pelajaran tentang betapa pentingnya kesehatan, hal ini berdampak pada syarat untuk Food Festival di Kota Surakarta. Saat ini food festival mewajibkan calon tenant melakukan presentasi dan test food terlebih dahulu untuk dapat mengikuti event Food Festival di kota Surakarta. Hal ini mampu menumbuhkan harapan bagi para pelaku UMKM jajanan kekinian untuk kembali bersemangat memasarkan produk secara offline kembali. Berdasarkan survei yang dilakukan pada mitra sasaran yaitu di UMKM Jajanan Kekinian, permasalahan yang ada antara lain: 1. Belum ada pengetahuan mengenai pembuatan powerpoint yang mumpuni serta menarik  2. Pemanfaatan media digital sebagai alat pembuatan materi promosi belum maximal.

Untuk dapat mencapai syarat yang ditentukan oleh Food Festival, maka solusi yang dapat dilakukan oleh UMKM Jajanan Kekinian, yaitu: 1. Mengembangkan pengetahuan mengenai pembuatan powerpoint yang menarik, 2. Perlu melakukan pembelajaran pemanfaatan media digital sebagai alat pembuatan materi promosi. Target luaran yang akan dicapai adalah dengan Pendampingan pembuatan materi promosi berupa power poit text yang menarik untuk membantu UMKM melakukan seleksi pada Food Fest. Adapun rencana kegiatan yang diusulkan dapat dilihat pada tahap-tahap berikut:

KATA KUNCI

[Aplikasi Power Point presentasi dan paparan produk, Digital Marketing, Packaging, Laporan Keuangan, Aplikasi]

Published
2023-03-06
How to Cite
Pradapa, S. Y., Hardiyanti, W., Setiawan, M. B., & Aulia, W. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MATERI PROMOSI BAGI UMKM STREETFOOD BOOMBER SURAKARTA. Jurnal Penamas, 7(1), 52 - 57. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9149