PENDAMPINGAN PENGUSAHA MIKRO DENGAN PENINGKATAN KAPASITAS PEMAHAMAN E-COMMERCE (Studi Kasus Usaha Kecil Opak Sili di Desa Candisari Mranggen Demak)

  • Bedjo Santoso Santoso Kadri UNISSULA
  • Erma Srihastuti
  • Farikha Amilahaq

Abstract

Opak Sili buatan desa Candisari Mranggen Demak adalah produk  yang enak, murah dann sehat yang unggulann yang berasal dari olahan bahann baku ubi kayu ( singkong) yang merupakan bahan baku berasal dari lokal dann dengan harga murah. Namun belum mampu sebagai kekuatan ekonomi masyarakat dikarenakan omset yang masih kecil, padahal potensi pengembangan sangat besar. Menurut hasil kajian tim, menunjukkan bahwa hal ini dikarenakan dikarenakan sempitnya pemasaran dann promosi produk. Maka kegiatan PkM   ini bertujuan  memberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai strategi pemasaran unntuk meningkatkan penjualan dimasa pandemi khususnya dan masa yang akan dating di era revolusi Indutri 4.0 dimana infra struktur teknologi dan peralatan sudah sangat mendukung dalam pemanfaatan tekhnologi digital  e-commerce yang tengah berkembang. Pendekatan PkM ini menggunakan terori pemberdayaan masyarakat teori mobilisasi sumberdaya dengan lima tahapan. Hasil pelaksanaan PkM menunjukkan bahwa pelatihan E-Commerce yang dilakukan mendapat respon positif dann materi yang dinerikan dirasa tepat sasaran, dann diharapkann dilanjutkan dalam skala yang lebih besar dimasa mendatang. Hal ini dikarenakan jika sebuah kegaiatan dilaksanaka sesuai ddngan tahapan sesuai dengan teori akan berhasil dan berdaya guna. Hasil lainya ialah pelaksanaan kegiatan ini mendukung terori poemberdayaan masyarakat mobilisasi sumberdaya, yang mengatkann bahwa masayarakat dalam mencapai tahapan kehidupann yang lebih baik mempunyai potensi untuk berkembang asalkan mendapatkan pengembangan potensi sumber saya manusia.

 

Published
2022-09-05
How to Cite
Kadri, B. S., Srihastuti, E., & Amilahaq, F. (2022). PENDAMPINGAN PENGUSAHA MIKRO DENGAN PENINGKATAN KAPASITAS PEMAHAMAN E-COMMERCE (Studi Kasus Usaha Kecil Opak Sili di Desa Candisari Mranggen Demak). Jurnal Penamas, 6(2), 131 - 142. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/8937