DESAIN TARIF ANGKUTAN UMUM BUS JALUR G DAN H GUNA MENINGKATKAN PARIWISATA DI SURAKARTA

  • Suwardi Suwardi
  • Artin Bayu Mukti

Abstract

Transportasi merupakan salah satu unsur yang sangat penting peranannya dalam pembangunan nasional. Angkutan umum dalam kota Surakarta merupakan sarana penting yang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat kota Surakarta dan sekitarnya untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Termasuk didalamnya adalah kegiatan pariwisata. Terdapat berbagai macam Perusahaan Otomotif (PO) yang melayani trayek dalam kota Surakarta yang mempunyai tujuan pokok untuk mendapatkan keuntungan, di samping mempunyai maksud sosial yaitu memberikan pelayanan  pada masyarakat dengan sebaik-baiknya.  Tujuan diadakannya penelitian ini adalah : Menentukan besar  biaya operasional kendaraan, tarif,  waktu sirkulasi, time headway, kecepatan, BCR dan NPV PO. DAMRI dan PO. Sumber Makmur. Manfaat penelitian dapat menambah wawasan dan pengetahuan.. (2) Bagi pemerintah dan pemilik angkutan, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan tentang tarif angkutan umum. Hasil penelitian adalah: . BOK untuk  PO. DAMRI dan PO. Sumber Makmur adalah sebesar Rp. 1.815,78 /bus-km dan 1.711,16 /bus-km. Waktu Sirkulasi rata-rata PO. DAMRI dan PO. Sumber Makmur 126,68 menit dan 140,02 menit. Headway 9,27 menit dan 19,83 menit, kecepatan yaitu 19 km/jam dan 18 km/jam. BCR untuk PO. DAMRI dan PO. Sumber Makmur sebesar 1,9 dan 2,02 lebih besar dari 1 maka mengalami keuntungan. NPV (keuntungan) sebesar Rp. 105.374.036,- untuk PO. DAMRI dan Rp. 106.244.566,- untuk PO. Sumber Makmur. Saran pemerintah atau instansi yang terkait hendaknya melakukan pengaturan jadwal serta mengawasi pelaksanaan di lapangan sehingga jadwal dari angkutan dapat lebih teratur.

Kata Kunci: Tarif Bus Kota Jalur G dan H