PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU DI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL (STUDI KASUS PADA SD SE-KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG)

  • 1252020010 Lisa Sugiarty
  • Ciecilia Srimindarti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kompetensi dan Disiplin terhadap Kinerja Guru di Mediasi Komitmen Organisasi.

Peneliti ini dilakukan terhadap semua guru yang ada di SD Se-kecamatan Genuk – Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 139 orang responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini berupa penelitian explanatory research. Pengolahan analisis data menggunakan metode regresi.

Model peneliti menunjukkan pengaruh kompetensi dan disiplin terhadap kinerja guru di mediasi komitmen organisasi dengan nilai koefisien determinasi (adjusted R²) sebesar 0,449. Hal ini berarti 44,9% variasi komitmen organisasional dapat dijelaskan (dipengaruhi) ileh variasi dari variabel kompetensi guru dan disiplin guru. Sedangkan sisanya (100% - 44,9% = 55,1%) dijelaskan (dipengaruhi) oleh variabel di luar model.


 

Section
Articles