STRATEGI BERSAING TOKO RITEL “Strategi Digitalisasi Rantai Pasokan Pamella Supermarket Yogyakarta”
Abstract
Ritel modern semakin lama semakin berkembang. Hal ini mendorong persaingan dunia bisnis yang sangat ketat. Dalam mencapai daya saing, pasar industri ritel juga harus segera merespon dengan strategi bersaing yang inovatif terhadap perubahan perilaku konsumen saat ini.Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah proses bisnis, terlebih dalam pengelolaan rantai pasokan. Kinerja rantai pasokan sering ditandai dengan kolaborasi antara kinerja realtime dan integrasi canggih. Dengan adanya teknologi, seluruh proses bisnis dapat dikontrol secara komputerisasi. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara induktif untuk memperoleh data yang bersifat menyeluruh dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara dengan pihak manajemen Pamella Supermarket Yogyakarta. Setelah data terkumpul dilanjutkan dengan reduksidan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkanstrategi bersaing yang di terapkan Pamella melalui digitalisasi rantai pasokan dapat meningkatkan daya saing perusahaan terutama pada penetapan harga.