PENGARUH GAJI, BERBAGI PENGETAHUAN, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP PERILAKU KEWARGANEGARAAN ORGANISASIONAL PERSPEKTIF ISLAM (OCBIP) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA PT. DIANSURYA GLOBAL)

  • Fikri Ainun Muttaqin
Keywords: Gaji, Berbagi Pengetahuan, Budaya Organisasional, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior Islamic Perspective (OCBIP)

Abstract

Sebagian besar penelitian mengenai OCB yang ada dilakukan dengan dasar sistem nilai Barat dan sedikit sekali yang mempertimbangkan sudut pandang Muslim. Maka, penelitian ini menekankan pada sudut pandang Muslim atas perilaku OCB yang disebut sebagai Organizational Citizenship Behavior Islamic Perspective (OCBIP).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaji, berbagi pengetahuan, dan budaya organisasional terhadap OCBIP dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi di PT. DianSurya Global Tangerang.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel penelitian ini sejumlah 150 karyawan  PT. DianSurya Global Tangerang denganmenggunakan teknik puposive sampling.Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software smart-PLS yang menggunakan pendekatan soft modelling.

Published
2019-12-31
Section
Articles