PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN EFIKASI DIRI GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DIMODERASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional dan efikasi diri guru terhadap pengelolaan kelas dimoderasi kepemimpinan transformasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA swasta di Sub Rayon 04 kota Semarang yang berjumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan kuesioner.Teknik analisis data menggunakan regresi moderasi model interaksi dengan bantuan program statistik SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Efikasi diri guru tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memperlemah pengaruh kompetensi profesional terhadap pengelolaan kelas. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memperkuat pengaruh efikasi diri guru terhadap pengelolaan kelas .