GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI MODERATOR PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN EFIKASI DIRI GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS (Studi pada Guru PNS di SMA Negeri Sub Rayon 2 Kota Semarang)

  • Sri Winarsih
  • Yang Vania Florentina Santoso
  • Lie Liana
Keywords: Kompetensi pedagogik, efikasi diri guru, pengelolaan kelas, gaya kepemimpinan transformasional, moderasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan efikasi diri guru terhadap pengelolaan kelas dimoderasi gaya kepemimpinan transformasional. Lokasi Penelitian adalah di SMA Negeri Sub Rayon 2 Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri di Sub Rayon 2 Kota Semarang yang berjumlah 123 orang. Semua anggota populasi dijadikan obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan instrumen kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan Program SPSS versi 23. Teknik analisis menggunakan analisis regresi liner  berganda. Uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji R2 dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas, efikasi diri guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan kelas, gaya kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Selain itu diperoleh  gaya  kepemimpinan transformasional tidak memoderasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap pengelolaan kelas serta gaya kepemimpinan transformasional tidak memoderasi  pengaruh efikasi diri guru terhadap pengelolaan kelas.

Published
2019-12-31
Section
Articles