PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN EFIKASI GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DIMODERASI BUDAYA ORGANISASIONAL
Abstract
Penelitian ini untuk menguji Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Efikasi Guru Terhadap Pengelolaan Kelas di Moderasi Budaya Organisasional. Populasi dan sampel penelitian adalah pada Guru SMK Se_Kec Ampelgading Kab Pemalang. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan kuesioner. Metode penelitian menggunakan pendekatan computer software dengan program SPSS for Windows. Adapun metode analisis data menggunakan Moderation Regression Analisys (MRA) tipe quasi moderator. Dari uji data dan analisis yang dilakukan, penelitian ini memberikan bukti empiris sebagai berikut: kompetensi profesional mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan kelas, efikasi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan, budaya organisasional tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas, supervisi akademik memperkuat hubungan kompetensi profesional dengan kinerja guru, supervisi akademik memoderasi terhadap hubungan komitmen profesional dengan kinerja guru