PERAN HALAL PRODUCT KNOWLEDGE,IDEOLOGY RELIGIOSITY DAN HALAL PRODUCT QUALITY TERHADAP HALAL FOOD PURCHASE INTENTIONMELALUI PENINGKATAN ATTITUDE TOWARD HALAL FOOD

  • Ilman Taufiq Lazuardy
  • Asyhari Asyhari
Keywords: Halal Product Knowledge, Ideology Religiosity, Halal Product Quality, Attitude Towards Halal Food, dan Halal Food Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran halal product knowledge, ideology religiosity dan halal product quality terhadap halal food purchase intention melalui peningkatan attitude towards halal food pada makanan halal di kota Semarang. Keberadaan restaurant halal di Semarang memberikan jaminan terhadap makanan halal di kota Semarang yang setiap konsumennya beragama muslim. Banyak juga restaurant di Semarang yang belum ada sertifikasi halal. Kendala-kendala dalam mencari restaurant halal di Semarang bisa dikatakan lumayan susah dikarenakan setiap restaurant dengan standart halal bisa diindikasikan bersertifikat halal. Kendala selanjutnya adalah produk yang digunakan masih samar-samar mengandung unsur-unsur yang bersenggolan dengan keharaman. Selain terkendala dalam masalah produk, proses penyembelihan hewan pun masih kurang diperhatikan dalam restaurant yang bersertifikat halal. Di Semarang, salah satu restaurant bernuansa Timur tengah atau arab adalah restaurant Khoja dan GH Corner. Jumlah restaurant yang bernuansa timur tengah ini sangatlah sedikit di kota Semarang ini. Selain itu restaurant ini pun sudah dibekali dengan sertifikat halal dan layak di konsumsi oleh orang-orang muslim ataupun non muslim. Dalam restaurant tersebut bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan makanannya sendiri pun tidak ada bahan-bahan yang mengandung unsur haramnya. Sebagai contoh tidak adanya diperjual belikanya miras atau Khmr.

Published
2019-12-31
Section
Articles