MODEL KINERJA BISNIS ONLINE BERBASIS DISRUPTIVE INNOVATION DAN KUALITAS BERSAING DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Persaingan bisnis di era internet semakin kuat dan memaksa perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang semakin berubah. Perubahan lingkungan secara masif menyebabkan perubahan yang signifikan dalam bisnis. Inovasi dan kualitas bersaing menjadi senjata utama perusahaan yang berbasis online untuk memenangkan persingan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kerangka penelitian atau model penelitian tentang kinerja perusahaan (toko) yang berbasis bisnis online dengan menggunakan disruptive innovation dan kualitas bersaing dan keunggulan bersaing sebagai variable mediasi. Berdasarkan kajian pustaka, maka kerangka berpikir dari model kinerja akan dihasilkan. Indikator dari setiap variable dan hubungan antar variabel akan dibahas dan disajikan dalam hipotesis. Selanjutnya model yang dihasilkan akan relevan jika diaplikasikan pada responden toko berbasis online yaitu toko online yang bergerak berbagai bidang seperti makanan, fashion, dan kerajinan. Pengambilan data menggunakan sebaran non probability sampling, yaitu purposive sampling. Kriteria sampel yang digunakan adalah, perusahaan yang operasionalnya melalui media sosial baik intagram, facebook, dan/atau melalui whatsapp. Penyebaran kuesioner melalui kelompok/group whatsapp dan/atau menghubungi langsung responden dengan menggunakan aplikasi google form