PENGARUH SUBJECTIVE NORM DAN PERCEIVED BEHAVIOURAL CONTROL TERHADAP INTENTION TO USE PRODUCTS BANK SYARIAH MELALUI ISLAMIC SPIRITUAL VALUE

  • Muhammad Akib
  • Bedjo Santoso
Keywords: subjective norm, perceived behavioural control, intention to use, Islamic spiritual value

Abstract

Research tentang penggunaan Theory of Planned Behavior (TPB). yang telah dikembangkan dari Theory of Reasoned Action (TRA) hingga saat ini masih merupakan research yang sangat menantang yang menjadi trending topik, apalagi research pengembangan tersebut di implemtasikan pada Islamic banking product. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: subjective norm dan perceived behavioural control terhadap intention to use products bank Syariah melalui Islamic spiritual value. Penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif analitik pada 120  responden, menggunakan SPSS  for Windows 2.0. Temuan dari penelitian ini yaitu: Subjective norm dan perceived behavioural control memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use products bank Syariah. Islamic spiritual value mampu memoderasi Subjective norm dan perceived behavioural control terhadap intention to use products bank Syariah. Kelemahan pada penelitian ini hanya terbatas di Kota Semarang pada Bank Syariah, sehingga tidak dapat mencakup semua nasabah yang ada di Jawa Tegan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Published
2019-12-31
Section
Articles