TINGKAT PENGGUNAKAN LAYANAN ELEKTRONIK BANKING PADA BANK SWASTA YANG DIMEDIASI OLEH MINAT MENGGUNAKAN
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dimanfaatkan oleh perbankkan untuk meningkatkan kinerja keuangan bank dengan meningkatkan dan mempermudah transaksi yang dilakukan oleh bank. Produk perkembangan teknologi yang diterapkan oleh perbankkan adalah elektronik banking. Elektronik banking dapat mengatasi permasalahan transaksi terkait dengan waktu dan lokasi. Elektronik banking membuat nasabah dapat melakukan transaksi tanpa terbatas waktu dan tempat. Meskipun demikian, penerimaan elektronik banking oleh nasabah dipersepsikan berbeda-beda dimana salah satunya dipengaruhi oleh karakteristik nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat dan tingkat penggunaan nasabah menggunakan layanan elektronik banking pada Bank Swasta di Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Analisis jalur adalah penggunaan analisis regresi untuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel yang telah diterapkan sebelumnya berdasarkan teori. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, persepsi kualitas layanan, motivasi hedonis, minat menggunakan elektronik banking, dan tingkat penggunaan elektronik banking. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan terhadap 100 nasabah bank swasta di Yogyakarta yang menggunakan elektronik banking.