PENGARUH EFEKTIVITAS PROMOSI PADA DESTINASI WISATA TERHADAP ACTION WISATAWAN DENGAN MELIHAT GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AISAS (Studi kasus pada pengunjung Pantai Pasir Panjang Kei)
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat baik dan potensial untuk dikembangkan saat ini. Promosi di media sosial adalah cara yang populer bagi perusahaan, bahkan instansi pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efek dari promosi tujuan wisata di media sosial dengan mengembangkan model AISAS untuk melihat hubungan antara kata kerja di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalahwisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Pasir panjang Kei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi di media sosial memiliki dampak yang signifikan pada perhatian, minat, dan keinginan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang informasi yang sedang dipromosikan. Dan perhatian seseorang serta minat memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pariwisata. kegiatan pariwisata seseorang mempengaruhi keinginan untuk berbagi pengalaman perjalanannya.